Cara menghilangkan jerawat | Cara memutihkan Kulit

Tuesday 3 February 2015

Cara merawat landak mini yang benar

Cara merawat landak mini – Landak mini adalah salah satu hewan yang menggemaskan sehingga sering dipelihara orang dalam kandangnya. landak mini berasal dari eropa, asia, afrika dan selandia baru sehingga kita bisa menemukannya di negara ini. Kehidupan landak mini dapat bertahan hingga 10 tahun adal merawat landak mini dengan benar. hewan ini termasuk nokturnal dimana ia hanya aktif mencari makan di malam hari. Nah bagaimana merawat landak mini dengan benar akan kita bahas pada artikel ini.

Cara merawat landak mini

Cara merawat landak mini

1. Buatlah kandang yang sesuai dan disenangi landak

Buatlah kandang dari bahan logam, atau plastik sangkar seperti tempat tinggal hamster. Buatlah kandang yang lebih besar agar kelak ia dapat berlari dengan bebas menikmati kandangnya. ukuran tinggi kandang minimal 30 agar ia tidak dapat keluar dan melarikan diri nantinya. sementara itu buatlah bagian alas kandang dengan mengisinya dengan serbuk gergaji agar ia nyaman bergerak.

Buatlah tempat khusus untuk landak di sudut seperti berbentuk gua yang  dari kayu atau plastik. tempat ini menjadi tempat istirahat di siang hari sekaligus tempat berlindungnya, landak menyukai suhu tempat tinggal antara 21 – 27 derajad celcius. Lakukan pembersihan kandang landak minimal sekali dalam seminggu.

2. Sediakan makanan yang sesuai

Landak miniadalah hewan insektivora karena ia suka mengonsumsi serangga, namun untuk meningkatkan gizi maka sebaiknya anda dapat memberikan pakan kering yang biasanya untuk kucing ataupun anjing. Untuk media penyimpanan atur agar bila landak menaikinya tempat tersebut tidak terguling dann makanannya tidak berantakan. Anda juga dapat memberikan makanan serangga tambahan seperti ulat hongkong, ulat jerman maupun serangga lainnya. Sementara itu untuk pembuatan tempat minum sebaiknya didesain mirip dengan tempat minum hamster yaitu seperti sedotan agar kandangnya menjadi lebih rapi dan tidak cepat kotor.

3. Menjaga kesehatan dan kebersihan landak mini

Agar landak mini tetap sehat maka anda juga harsu rutin memandikannya. cara memandikannya cukup mudah dan tidak ribet,  anda hanya perlu menyediakan baskom yang berisi air yang banyak, persiapkan handuk, sikat gigi, sampo atau sabun. Setelah semuanya tersedia anda tinggal memasukkan landak anda ke dalam baskom biarkan ia berenang karena dipastikan tidak akan tenggelam, sikatlah bagian punggungnya dengan sabun menggunakan sikat gigi, sementara bagian perutnya cukup digosok menggunakan tangan saja. setelah itu keringkan tubuhnya menggunakan handuk. Bila selesai anda tinggal memasukkannya kembali ke dalam kandangnya.

Demikianlah Cara merawat landak mini buat anda pecinta hewan peliharaan yang imut seperti ini, semoga dapat membantu anda.

Artikel Sebelumnya

Cara menghemat listrik di rumah

Cara menghilangkan lemak di paha dengan mudah

Cara menghilangkan sakit hati karena putus cinta

Cara merawat landak mini yang benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fitrah Al Anshori

0 comments:

Post a Comment