Cara menghilangkan jerawat | Cara memutihkan Kulit

Tuesday 21 October 2014

Cara menghemat listrik di rumah

Cara menghemat listrik – Listrik adalah kebutuhan yang paling utama dalam kehidupan sehari – hari. Tanpa listrik maka anda akan kesulitan untuk makan, minum maupun untuk melakukan aktivitas yang sering anda lakukan sehari – hari. Malam – malam anda akan penuh dengan kegelapan karena tidak adanya listrik yang anda gunakan. Nah tingginya penggunaan listrik juga berdampak pada mahalnya biaya yang mesti anda bayar setiap bulannya. Sering kali kita kaget pada saat biaya bulanan listrik anda tiba – tiba meningkat karena pemakaian yang tidak disadari. nah oleh karena itu sebaiknya anda melakukan penghematan agar listrik anda menjadi lebih murah meriah.

Cara menghemat listrik

Cara menghemat listrik

1. Gunakan tv LCD

Televisi adalah alat elektronik yang selalu ada pada setiap rumah yang ada di indonesia. Namun ada jenis televisi yang dapat menarik daya tinggi yaitu jenis tabung sedangkan televisi terbaru seperti sekarang dapat menghemat daya hingga 10 kali lipat yaitu yang menggunakan layar LCD.  maka segeralah mengganti televisi di rumah anda dengan yang berlayar LCD.

2. Gunakan handphone yang tidak boros baterai

Handphone masa kini sangat cepat habis daya baterainya dan konsumsinya sangat boros. Sering kali kita mencharger handphone hingga beberapa kali dalam sehari. nah dengan menggunakan handphone yang hemat energi maka biaya listrik dapat lebih dihemat.

3. Gunakan setrika seperlunya

Setrika merupakan alat elektronik yang cukup banyak menggunakan energi listrik. Nah bila anda orang yang harus selalu tampil rapi maka siasati dengan cara tidak terlalu sering menyetrika. Cukup sekali dalam seminggu anda menyetrika seluruh pakaian anda. Selain itu perbanyak pakaian anda yang memiliki kain jatuh karena ia tidak mudah kusut dan mudah dalam menyetrika.

4. Gunakan mesin cuci secara bijaksana

Mesin cuci seirng digunakan karena lebih hemat energi dan juga lebih cepat dalam mencuci pakaian. Nah janganlah anda mencuci berkali – kali dengan sedikit pakaian. Lebih baik anda mencuci dengan banyak sekaligus daripada hanya sedikit – sedikit hingga beberapa kali sekaligus.

5. Jangan selalu menyalakan dispenser

Alat pemanas pada dispenser memang sangat beruna bagi kita. namun sebaiknya fungsi ini hanya anda gunakan apabila ada perlu saja. janganlah menyalakannya selama 24 jam penuh sehingga konsumsi listrik menjadi boros.

6. Gunakan lampu hemat energi

Lampu adalah alat elektronik yang paling banyak kerjanya di malam hari. Nah cobalah anda mengganti lampu jenis LED karena lebih hemat energi, walaupun harganya juga lebih mahal dibandingkan dengan lampu biasa. Selain itu gunakanlah lampu yang tidak memiliki watt tinggi sehingga biaya listrik dapat dihemat. Matikan lampu kamar ketika tidur malam agar lebih hemat.

7. Gunakan Ac hanya saat dibutuhkan

AC lebih baik digunakan dibandingkan kipas karena dapat membuat ruangan lebih sejuk. Namun perlu diperhatikan agar ruangan anda benar – benar tertutup agar pendingin AC tidak bekerja terlalu keras. Rajin – rajinlah dalam mencuci AC agar ia tetap dapat dingin maksimal.

Itulah beberapa  Cara menghemat listrik yang dapat anda lakukan baik itu untuk pengguna voucher ataupun yang masih menggunakan listrik rumahan biasa.

Artikel yang berkaitan

cara menghemat kuota

cara menjaga kesehatan telinga

cara menghemat kuota 3

Cara menghemat listrik di rumah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fitrah Al Anshori

1 comments:

  1. Terima kasih banyak atas tips menghemat listriknya. Kita semua harus menghemat listrik untuk menjaga kelestarian bumi kita, di samping juga untuk menghemat biaya.

    ReplyDelete