Cara menghilangkan jerawat | Cara memutihkan Kulit

Wednesday 4 June 2014

5 Cara menjaga kebugaran tubuh bagi ibu hamil di waktu berpuasa

Cara menjaga kebugaran tubuh – Bulan ramadhan semakin dekat, bulan yang penuh rahmat sebaiknya dipergunakan untuk meningkatkan amal dan kebaikan untuk kehidupan akhirat kita. Bagi seorang ibu hamil ini menjadi dilema, apakah ia ingin berpuasa atau tidak. Dalam ajaran islam wanita hamil diperbolehkan untuk tidak berpuasa, tetapi ada juga wanita yang cukup kuat untuk berpuasa hingga akhir bulan.Berpuasa bagi ibu hamil tidak dianjurkan sebab dapat berpotensi kepada bayinya yang akan kekurangan gizi dalam waktu lama. Ibu hamil yang berpuasa akan merasakan kelelahan yang lebih banyak dibandingkan dengan orang normal.

Cara menjaga diri agar tetap bugar bagi ibu hamil

1. Pilih nutrisi terbaik saat sahur
Agar puasa anda lancar di siang hari maka sebaiknya anda mencukupkan makanan sahur dengan makanan yang mengandung vitamin, protein, lemak dan karbohidrat yang cukup untuk anda. Jangan tinggalkan mengonssumsi sayur – sayuran dan buah – buahan menjelang imsyak. Selain itu hindari segala macam makanan junk food karena tidak baik untuk kesehatan anda dan janin.
2. Rutin minum susu
Untuk mendapatkan energi yang cukup untuk bayi dan diri anda biasanya dokter menyarankan untuk mengonsumsi susu khusus ibu hammil. Selama bulan ramadhan sebaiknya anda hanya mengonsumsi susu ini pada saat sahur maupun malam hari menjelang tidur agar efeknya dapat anda rasakan dan juga aman bagi bayi anda.
3. Istirahat yang cukup
Waktu berpuasa bayak orang yang lebih banyak tidurnya sebab berpuasa memang melelahkan disamping energi yang terus berkurang. Nah bagi ibu hamil sebaiknya waktu istirahatnya dicukupkan dan jangan dikurangi agar anda tidak merasa lemas. Libatkan anggota keluarga untuk membantu dalam menyiapkan hidangan sahur maupun hidangan berbuka puasa sebab kegiatan ini cukup banyak menghabiskan energi terutama bagi ibu hamil.
4. Banyak mengonsumsi air putih
Air putih sangat besar peranannya dalam menjaga kebugaran tubuh. Kekurangan air putih dapat menyebabkan dehidrasi dan lemas. oleh karena itu ketika sahur dan berbuka jangan lewatkam minum masing – masing 4 gelas air putih.
5. Melakukan olahraga kecil
Olahraga dapat meningkatkan kebugaran bagi seorang ibu hamil. Adapun jenis olahraga yang dianjurkan bagi ibu hamil adalah adalah berjalan – jalan kecil di sekitar rumah anda di waktu sore hari menjelang berbuka puasa.
Itulah 5 cara menjaga kebugaran tubuh selagi hamil. Walaupun bulan ramadhan sebaiknya anda tetap menjaga kebugaran tubuh anda.Selamat mencoba

5 Cara menjaga kebugaran tubuh bagi ibu hamil di waktu berpuasa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fitrah Al Anshori

0 comments:

Post a Comment